6 Langkah Merancang Masa Depan Karier Anda

Sabtu, 21 November 2009

6 Langkah Merancang Masa Depan
Karier Anda

SUKSES, tidak datang dengan sendirinya. Sukses datang seiring usaha dan kerja professional Anda. Anda dapat bekerja dengan baik dan benar, Anda berada di tempat yang benar pada waktu yang tepat. Tetapi perencanaan dan kemampuan melihat serta mempergunakan kesempatan yang ada adalah kunci sukses sejati. Kemampuan ini didapat dari memahami dunia kerja yang Anda geluti. Dan itu butuh kerja keras.
Tidak ada kata lain kecuali mulai sekarang rancanglah masa depan Anda. Bagaimana caranya, berikut Anda simak 6 langkah merancang masa depan karier yang diperkenalkan Cosmopolitan :

1. Luangkan waktu untuk merancang karier. Tapi jangan terlalu terpaku pada rencana ini sehingga Anda tak menghiraukan kesempatan menarik yang mampir ke pangkuan.

2. Ingat, merancang karier tidak sama dengan merancang pesta yang usai sesuai rencana. Karier yang sudah dirancang belum tentu terwujud dan tidak harus berakhir sesuai rencana. Cobalah untuk menyelesaikan satu tugas pengembangan karier yang harus dicapai tiap minggu. Misalnya, ajukan proposal tugas pada atasan dalam format yang lebih baik. Anda belajar hal baru dan atasan puas dengan hasil kerja Anda.

3. Jalin hubungan dengan para professional di bidang yang Anda minati. Minta mereka bercerita seputar pekerjaan beserta tips atau masukan. Anda akan mengerti tugas apa saja yang dilakukan. Dan kemampuan apa yang dibutuhkan dari Anda.

4. Miliki keinginan untuk mendapat imbalan besar dari pekerjaan yang Anda lakukan, tapi bersabarlah. Jika mungkin, Anda lebih baik memilih pekerjaan yang menambah keahlian daripada posisi yang gajinya besar tapi tanpa jenjang karier yang jelas. Karena keahlian baru akan membuka lebar jalan pengembangan karier.

5. Luangkan waktu untuk melihat kesempatan yang ada. Mungkin hobi Anda biasa menjadi jalan mendapat penghasilan tambahan.

6. Jangan biarkan karier mengendalikan hidup Anda! Andalah yang harus memegang peranan dalam setiap keputusan karier yang dibuat.

Memang keputusan dan keberhasilan ada di tangan Anda. Tapi tidak ada salahnya Anda coba tips di atas. Semoga bermanfaat bagi Anda. (Ezki Sirkan M.)

Sumber : HRD vol II Agus 2003 hal 25.

0 comments:

Posting Komentar